Posted by: apris | March 31, 2010

Perseteruan Google-China Meluas ke Ranah Mobile

Beijing – Perseteruan antara Google dan China sepertinya belum akan usai dalam waktu dekat. Google melaporkan bahwa layanan mobile internet mereka di daratan China tersendat dan disinyalir sengaja diblokir.

Dari hasil pelacakan yang tim Google lakukan, sejumlah layanan yang tidak bisa diakses mencakup semuanya. Mulai dari pencarian, blog, peta, berita dan layanan-layanan lainnya.

Situs yang sudah dimiliki oleh perusahaan internet yang berbasis di Amerika Serikat ini pun juga turut dihadang. Yang dimaksud di sini ialah YouTube dan layanan Blogger.“Kami dapat mengkonfirmasikan bahwa layanan mobile kami telah diblokir di daratan China,” ujar juru bicara Google, seperti dikutip detikINET dari AFP, Rabu (31/3/2010).

Meski kejadian ini tidak berselang lama dengan perpindahan Google dari China, namun Google belum berani memastikan apakah pemblokiran ini terkait dengan keputusan besar mereka tersebut.

Jumlah pengguna internet di China memang sangatlah besar, yakni sekitar 384 juta user. Akan tetapi pengguna layanan mobile internet di negara itu jauh lebih besar lagi di mana mencapai 750 juta orang.
( sha / ash ) Detikinet.com


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: